Kota Bogor – Institut Pertanian Bogor (IPB) University menggelar festival Bunga kemudian Buah Nusantara ke-10 untuk memberi semangat kepada petani dan juga pebudidaya lokal Indonesia memperbanyak produksi ragam buah lalu tanaman hias kualitas unggul yang mana tak kalah dengan barang impor.

"Ini tujuannya untuk membangkitkan semangat kita, memproduksi bunga serta buah kita yang tersebut ada di tempat Tanah Air ini. Saat ini kita berusaha menghasilkan varietas-varietas unggul," kata Rektor IPB University Arif Satria usai membuka kegiatan tersebut, di dalam IPB Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Arif menyampaikan bahwa IPB telah terjadi berkontribusi menggeliatkan produksi buah lalu bunga Nusantara dengan baik, melalui teknologi-teknologi pertanian yang mana dihasilkan para peneliti.

Untuk varietas bunga, IPB sudah meluncurkan benih tanaman Marigold yang bunganya biasa dipakai umat Hindu beribadah.

Arif menjelaskan bahwa benih tanaman Marigold selama ini masih diimpor dari negara luar. Kini, kata dia, IPB telah lama miliki varietas sendiri dari warna kuning menjadi warna merah atau putih.

Tanaman kemudian bunga yang disebut bisa jadi digunakan untuk ibadah, makanan atau minuman seperti teh.

Sementara untuk buah, pepaya california IPB sudah diekspor ke 11 negara juga nanas ke tiga negara. Pemasaran buah Indonesia, lanjutnya menjelaskan semakin hari semakin luas, seiring dengan kualitas baik yang tersebut ditawarkan kepada konsumen di tempat luar negeri.

Arif mengungkapkan, bahwa yang penting ke depan adalah memberikan iklim kondusif untuk melindungi buah-buah Nusantara, agar petani-petani Indonesia bergairah memproduksi hortikultur.

Pemerintah bersama IPB dan juga lembaga terkait juga perlu terus membuka pasar dalam dalam kemudian luar negeri bagi produk-produk petani lokal Indonesia.

"Perlindungan ini saya kira ini sangat penting untuk membatasi dan juga mengendalikan laju impor buah-buah. Karena impor menghasilkan petani-petani kita tak semangat untuk memproduksi," ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *