Pesta Rakyat Simpedes berfungsi sebagai sarana untuk mengedukasi digitalisasi finansial termasuk penyelenggaraan QRIS kepada masyarakat

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) sebagai bank, yang dimaksud fokus terhadap sektor usaha mikro, kecil, juga menengah (UMKM), terus melakukan pemberdayaan kepada pelaku bisnis dalam segmen mikro serta ultramikro, salah satunya melalui Pesta Rakyat Simpedes (PRS).

Pesta Rakyat Simpedes berfungsi sebagai sarana untuk mengedukasi digitalisasi finansial termasuk pengaplikasian QRIS kepada masyarakat. Pesta Rakyat Simpedes 2023 berlangsung pada Juli hingga September 2023 di tempat 20 kota kemudian 362 titik pada seluruh Indonesia.

Melalui kegiatan PRS, BRI terus menyosialisasikan pemanfaatan QRIS BRI sebagai bentuk edukasi digitalisasi finansial kepada masyarakat.

Hal hal tersebut sejalan dengan komitmen PRS untuk mengajak seluruh UMKM semakin percaya diri meraih potensi dalam segala lini bisnis.

Di dalam rangkaian PRS, layanan lengkap diberikan kepada seluruh nasabah Tabungan BRI Simpedes. Di sisi lain, BRI juga menyokong akuisisi penjual melalui pembayaran digital QRIS BRI untuk mempermudah UMKM lalu penduduk dalam bertransaksi.

Pada 2023, serangkaian PRS utama sudah diselenggarakan dalam Bandung, Yogyakarta, Pandaan, Makassar, lalu kegiatan yang mana akan dijalani di dalam Denpasar akan menjadi penutup acara PRS tahun ini. Acara itu ditayangkan secara langsung melalui kanal Youtube BANK BRI kemudian melalui siaran televisi iNews TV.

Salah satu rangkaian PRS yang menjadi kegiatan awal adalah hadirnya Grebek Pasar dengan menyasar enam pasar tradisional, yakni Pasar Mengwi, Pasar Ketapian, Pasar Sanglah, Pasar Dalung, Pasar Kreneng, lalu Pasar Badung.

Grebek Pasar dilaksanakan mulai 18 September 2023 di tempat Denpasar, yang dimaksud menjadi momen istimewa yang digunakan mana para pegawai BRI berkumpul lebih banyak dekat dengan para pedagang lokal pada pasar tradisional untuk memberikan edukasi keuangan kepada publik kemudian para pelaku UMKM. Layanan yang disebut pada antaranya, pembukaan Tabungan BRI Simpedes secara digital serta transaksi menggunakan QRIS BRI melalui BRImo.

Gelaran PRS 2023 di dalam Denpasar membawa enam pilar utama, yakni pawai, pasar, panen, pojok, peduli, panggung. Pilar pawai memberikan sarana literasi digital kepada para pelaku UMKM di tempat Denpasar melalui penyelenggaraan BRImo beserta fiturnya.

Selain memberikan nilai edukasi, Pawai PRS 2023 dimeriahkan dengan kegiatan Pawai Seni kemudian Budaya yang tersebut dimeriahkan oleh Marching Band lalu Komunitas pada Sabtu (23/9/2023).

Pilar pasar bazar UMKM unggulan dalam Denpasar menampilkan berbagai macam komoditas UMKM dengan beberapa kategori yaitu kuliner, fesyen, craft, lalu semua transaksi pembelian produk-produk UMKM menggunakan QRIS BRI melalui BRImo.

Pilar panen merupakan penyerahan secara simbolis program Panen Hadiah Simpedes serta aneka kegiatan berhadiah bagi para pengunjung yang mana hadir.

Selanjutnya, Pojok X'Sis PRS Denpasar dimeriahkan dengan kegiatan fun group games, melukis layang-layang, TikTok dance competition, lalu demo masak dari Chef Muto serta kompetisi ibu senyum.

Pilar peduli merupakan bentuk perhatian sosial BRI untuk rakyat sekitar dengan menyediakan layanan cek kesehatan gratis, tebus sembako gratis, serta face painting, lalu potong rambut gratis dengan syarat serta ketentuan yang tersebut berlaku.

Serta, pilar panggung dimeriahkan penampilan sebagian artis.

Pesta Rakyat Simpedes rutin dijalani sejak 2008 sebagai sarana edukasi dan juga hiburan, sehingga publik percaya diri untuk menjadi wirausaha. Pada masa pandemi (2020-2021), PRS tetap diselenggarakan dalam jaringan yang disiarkan melalui media streaming.

Selain menampilkan beragam hiburan, pada kegiatan yang dijalankan berbagai program untuk memberdayakan UMKM, literasi digital, hingga memberikan pelayanan perbankan bagi nasabah. Di samping itu, PRS Denpasar 2023 juga merupakan bentuk dukungan BUMN guna mengupayakan serta memajukan UMKM pada Bali, khususnya di dalam Denpasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *