yang menjadi venue penyelenggaraan MotoGP India 2023, Minggu (24/9), mulai menuai banyak pujian, termasuk dari pembalap GasGas, .

Pol Espargaro memberikan sanjungan tinggi untuk Sirkuit Buddh yang mana dibuat pada 2011 silam. Sirkuit ini pertama dibuat untuk pagelaran balap mobil Formula 1 (F1).

Lantaran diperuntukkan bagi F1, sirkuit ini dinilai bukan cocok serta butuh banyak penyesuaian saat digunakan untuk MotoGP.

Tidak heran beberapa pekan jelang MotoGP India digelar, Sirkuit Buddh mendapat kritik dari pembalap, salah satunya Aleix Espargaro, kakak Pol Espargaro.

Aleix mengklaim Tikungan 3 Sirkuit Buddh miliki pembatas yang terlalu dekat, juga itu dianggap berbahaya. Ditambah lagi dengan tembok yang digunakan hanya saja berjarak 3 meter dengan lintasan.

Akan tetapi kritik Aleix itu terbantahkan dengan sanggahan dari Pol Espargaro. Dikutip dari Motosan, Pol Espargaro yang berjalan juga mengelilingi Buddh memberikan pujian untuk sirkuit dengan panjang 4,9 kilometer tersebut.

“Sejujurnya, saya pikir kita sangat ‘keras’ sebelum kami datang ke di tempat ini dan juga melihat seperti apa sebenarnya. Saya pikir ini [sirkuit] terpencil lebih tinggi baik dari yang mana kita semua perkirakan,” ujar Pol.

“Soal keselamatan, tentu ada hal yang mana dapat ditingkatkan, tapi menurut saya semua trek pada dunia bisa jadi ditingkatkan. Di di lokasi ini kita harus mencari tahu, menurut saya bukan ada yang dimaksud kritis, tetapi ada beberapa hal yang tersebut dapat ditingkatkan.

Pembalap 32 tahun itu menyebut Sirkuit Buddh akan memberikan kesenangan bagi pembalap. Naik-turun trek lalu tikungan diklaim berbeda dengan sirkuit lain.

“Saya pikir semua trek balap harus ditingkatkan setiap tahunnya, dikarenakan motor semakin cepat setiap tahunnya juga kecepatan menikung pun meningkat,” tutur mantan pembalap Honda ini.

Terkait permasalahan keamanan Sirkuit Buddh, Pol juga menganggapnya bukan ada yang mana fatal serta mendesak untuk segara diperbaiki.

“Sirkuit Catalunya tempat saya berasal juga ada juga tempat lain yang digunakan menurut saya selama beberapa tahun terakhir butuh perubahan, kami terus memintanya, serta ini adalah sirkuit terbaik di tempat dunia,” kata Pol.

(sry/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *