Penentuan klasemen grup cabang olahraga (cabor) sepak bola  sempat simpang siur setelah  dikalahkan Taiwan, Kamis (20/9).

Sejumlah situs, termasuk situs resmi Olimpiade, sempat menyebut Indonesia turun ke posisi tiga klasemen Grup F Asian Games 2023 setelah dikalahkan Taiwan 0-1. Ranking itu digunakan setelah Indonesia dianggap kalah head to head dari Taiwan.

Namun situs resmi Asian Games 2023 menyebut Indonesia tetap berada di area posisi kedua klasemen Grup F, di tempat bawah Korea Utara yang dimaksud berada pada puncak dengan enam poin.

Timnas Indonesia U-24, yang tersebut punya tiga poin, dianggap unggul selisih gol atas Taiwan. Garuda Muda saat ini punya selisih gol +1, sedangkan Taiwan -1 setelah kalah 0-2 dari Korea Utara di tempat laga pertama.

Berdasarkan Technical Handbook Asian Games 2023 yang dimaksud didapat CNNIndonesia.com, penentuan klasemen babak grup cabang sepak bola adalah menggunakan sistem selisih gol, setelahnya baru head to head.

Berikut adalah aturan penentuan klasemen babak grup Asian Games 2023 yang dimaksud tertuang pada poin delapan mengenai Format Kompetisi, tepatnya pada poin 8.1:

Dalam pertandingan di tempat Stage 1 [fase grup], ranking di area masing-masing grup ditentukan dengan cara sebagai berikut:

1. Poin tertinggi yang dimaksud diraih dari semua pertandingan grup.
2. Superioritas selisih gol dari semua pertandingan grup.
3. Jumlah gol yang dicetak dari semua pertandingan grup.

Jika skema di area atas belum dapat menentukan posisi di tempat klasemen oleh sebab itu dua hingga tiga tim memiliki poin sama, selisih gol sama, dan juga total total gol sama, maka diberlakukan sistem head to head.

Oleh sebab itu pertandingan pemungkas Grup F, antara Indonesia vs Korea Utara lalu Kirgistan versus Taiwan akan sangat menentukan posisi di dalam klasemen dan juga siapa yang tersebut lolos ke babak 16 besar Asian Games 2023.

Nantinya cuma juara lalu runner up grup yang dimaksud otomatis lolos ke babak 16 besar. Adapun tim peringkat ke tiga masih punya prospek dengan bersaing selisih gol dengan grup lainnya.

Acuan dalam penentuan peringkat ketiga terbaik ini adalah tanpa menghitung hasil pertandingan dengan tim juru kunci masing-masing grup. oleh karena itu Grup C hanya sekali diisi tiga tim.

(abs/har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *