Presiden   mengucapkan selamat kepada Indonesia seusai Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking pusat latihan tim nasional di area Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (22/9).

“Pak Presiden Joko Widodo, Pak Erick Thohir [Ketua Umum PSSI] dan juga rekan-rekan, suatu kebanggaan bagi saya untuk menyampaikan beberapa hal dalam kesempatan yang tersebut baik ini terkait groundbreaking pemusatan latihan tim nasional di area Indonesia,” ucap Infantino dikutip dari situs resmi PSSI.

Gianni yang digunakan berada di tempat New York, Amerika Serikat, tidak ada bisa jadi hadir dalam acara ini lalu memohonkan maaf kepada semua pihak.

“Saat ini saya tiada dapat hadir dalam sana secara langsung bersama Anda semua dikarenakan sedang berada dalam New York dengan PBB saat ini,” katanya.

Orang nomor satu di dalam FIFA itu juga menegaskan bahwa pembangunan pemusatan latihan tim nasional akan memberikan dampak untuk kemajuan sepak bola pada Indonesia serta dalam Asia Tenggara.

“Saya pada di sini mengucapkan selamat kepada Anda semua. Terima kasih Presiden Joko Widodo, terima kasih Indonesia. Apa yang dimaksud Anda lakukan sangat fantastis, tempat pemusatan latihan itu akan memberikan dampak yang mana besar bagi sepak bola di tempat negara Anda dan juga juga tentu Asia Tenggara,” tuturnya.

FIFA telah terjadi memberikan bantuan senilai Rp85,6 miliar untuk konstruksi TC fase pertama, yakni untuk dua lapangan, tempat penginapan untuk para pemain, pelatih, juga juga ruang ganti.

Sebelumnya Jokowi sudah pernah meresmikan groundbreaking pengerjaan pusat latihan timnas. Jokowi menjelaskan pembangunan infrastruktur olahraga ini didanai pemerintah lalu FIFA. Pemerintah mengucurkan Rp95 miliar dari Anggaran Penerimaan serta Belanja Negara (APBN).

Sementara itu FIFA memberi dana hibah Rp85,6 miliar kepada PSSI. Dana hibah FIFA Forward itu khusus untuk membangun National Training Center IKN.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada FIFA atas kepercayaan juga dukungan yang dimaksud diberikan dengan memberikan pendanaan FIFA Forward yang dimaksud terbesar di area Asia Tenggara,” ujar Jokowi.

(jal/har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *